21 November, 2007

WORKSHOP KTSP


WORKSHOP KTSP

SMP NEGERI 2 MOJOSARI

RABU, 12 NOPEMBER 2007

Workshop pengembangan perangkat belajar (Silabus, RPP dan Sistem Penilaian) ini merupakan suatau bentuk pembinaan terhadap guru yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 2 Mojosari sesuai dengan program SSN tahun 2007-2008, sehingga dapat membantu para guru untuk saling bekerja sama dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut sejalan dengan salah satu susunan pokok dalam peningkatan mutu pendidikan yaitu, peningkatan pengetahuan pendididkan dan tenaga kependidikan (UU No. 20 /2003 /tentang Sikdiknas).

Enam prinsip yang harus diperhatikan para guru dalam pengambangan silabus pendidikan antara lain :

- Kesempatan belajar bagi semua peserta didik tanpa terkecuali.

- Dapat merefleksi kegiatan pembelajaran secara bekesinambungan.

- Pemahaman tentang kebutuhan belajar siswa.

- Pembelajaran berpusat kepada siswa yang secara aktif membengun struktur /konsep melalui pengetahuan dan pengalaman.

- Perlunya kegiatan yang disusun dengan baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu.

- Pemanfaatan strategi dan metode pembelajaran secara dinamis dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan sisiwa dan konteks belajar.

Ciri khusus dari kurikulum 2006 adalah pada pengembangan pengalaman belajar tahun pertama sebagai kewenangan satuan pendidikan /sekolah dibawah koordinasi dan supervisi pemerintah kabupaten /kota. Pengembangan pengalaman belajar dilakukan dengan metode Cotextual Teaching and Learning (CTL), Meaningful Taching serta memperhatikan kecakapan hidup /life skill (berupa kecakapan personal maupun kecakapan sosial). (UU No. 20 /Sikdiknas /2003 /Bab IV pasal II ayat 2)

Tidak ada komentar: